DJournal #1 - Unconditionally Love, Ojek Online

Sunday, November 06, 2016

Tadi malam sepulang dari citos habis nongkrong & ngobrol lama, badan udah capek dan pinginnya cepat sampai rumah. Karena ga bawa mobil dan uang di dompet sudah habis langsung lah, tanpa pikir panjang ambil handphone dan buka aplikasi gojek & grab. Kebiasaan saya adalah buka kedua aplikasi itu dan ngebandingin mana yang lebih murah (maaf ya ga bermaksud pelit atau medit, hehe) dan karena ingat bahwa grab lagi ada promo kalau naik grabcar, tadinya udah mau pakai grabcar. Tapi setelah lihat maps dan ternyata macet banget buat kearah pulang, akhirnya memutuskan untuk naik grabbike.

Driver grab saya malam tadi ternyata pegawai toko di citos, jadi grabbike itu sampingannya selain jadi  pegawai toko. Orangnya enak diajak ngobrol, kita cerita panjang lebar sepanjang perjalanan dari mulai kenapa pilih jadi ojek online, jadi ojek online menguntungkan atau gak, membanding-bandingkan aplikasi ojek online dan masih banyak lagi yang kita obrolin.
Ada satu pertanyaan yang mas nya tanya ke saya :
"Kakak kenapa milih naik ojek online?"
Tanpa lama mikirpun saya langsung jawab pertanyaannya :
"Murah dan biar cepat sampai, karena udah terlalu lelah sama jalanan Jakarta"
Tapi disitu pun saya mikir-mikir lagi, sebenarnya saya itu dulu jarang banget naik ojek. Naik ojek itu seumur hidup bisa dihitung pakai jari! mungkin dibawah 5x! kenapa? buat saya ojek itu mahal banget! ojek itu suka ngasih harga seenaknya sendiri, dulu pernah naik ojek dari stasiun ke rumah yang jaraknya kurang dari 1 km, sama tukang ojeknya dihargain 25ribu! alasannya sudah malam, padahal waktu itu masih jam 22.00 WIB, cuma emang waktu itu udah capek banget akhirnya memilih untuk naik ojek (biasanya jalan kaki).
Tapi semenjak ada ojek online, persepsi saya tentang ojek jadi berubah, saya merasa ojek online itu adalah anugerah terindah yang ada di bumi!!! jujur kita semua itu dimanja banget dengan keberadaan ojek online. Mau pulang cepat sampai rumah tinggal pencet, mau beli makan tapi mager tinggal pencet, mau memanjakan diri tapi males lama di salon tinggal pencet, mau beli tiket nonton tapi takut kehabisan tinggal pencet. Semua ada di genggaman kita dan itu sangat membantu banget buat keseharian.
Jujur sebelum saya tau ojek online, sejauh apapun perjalanan saya, saya pasti akan lebih memilih naik angkutan umum. Udah malam pun saya pasti lebih milih naik kereta, angkot atau bus ketimbang ojek. Ojek itu pilihan terakhir banget deh!
Tapi semenjak ada ojek online, begitu pulang malam pasti yang saya pesan adalah ojek online, sejauh apapun saya dari rumah (selama kurang dari 25km) saya pasti lebih milih naik ojek online.
Kenapa? 
  1. Efisien waktu, kalau saya pulang naik angkutan umum, saya bisa sampai rumah itu 45 menitan, tapi kalau naik ojek online 20 menit aja itu sudah sampai rumah. Berarti saya bisa punya waktu lebih banyak 25 menit untuk melakukan hal yang lain.
  2. Cashless, saya adalah orang yang males bawa uang banyak di dompet, makanya saya lebih suka nak transjakarta atau commuterline sebagai transportasi saya karena bayarnya pakai kartu, nah di ojek online ini pun ada pilihan untuk non-cash. Untuk gojek bisa top-up ke gopay (dapat diskon pula selama perjalanan) dan untuk grabbike bisa pakai kartu kredit untuk pembayaran. Tapi apabila mau membayar dengan cash pun bisa.
  3. Harga Fix, yup..harga sudah ditentukan di awal dan harga yang ditawarkan itu terjangkau malah kadang ongkos yang dikeluarkan bisa sama dengan ongkos naik angkutan umum. (Nb : kalau bisa sih dikasih tip, karena keuntungan yang mereka dapat juga tidak banyak, jadi tambah 2ribu-5ribu tidak masalah kan, soalnya harganya jauh lebih murah daripada ojek pinggiran :) )
  4. They come to you!, yup kita tidak usah pusing-pusing nyari kesana kemari untuk mendapatkan ojek. Cukup berdiri di satu tempat dan voila! datanglah si ojek online untuk mengantarkan kita.
  5. Ramah, ojek online itu orangnya ramah-ramah banget, yaaa mungkin ada dari mereka yang diam-diam aja sih, tapi mending diam daripada ngeselin kan?
Jadi saya itu sangat bersyukur banget dengan adanya ojek online, hidup jadi lebih mudah karena ada ojek online dan so far, jarang banget saya berkeluh kesah dengan pelayanan ojek online, overal i'm satisfied!!
Semoga para pengusaha ojek online semakin maju dan selalu memikirkan kesejahteraan pengemudi ojek dan costumernya, dan semoga pengemudi ojek juga selalu senang dan bangga dengan apa yang dikerjakannya.
Thanks a lot Ojek Online! you're truly a savior!


You Might Also Like

0 comments