Kalibiru, Menikmati Alam Sambil Manjat Pohon

Wednesday, December 14, 2016


Kalau ke Yogya itu ngapain aja sih? selain belanja, wisata museum, wisata kuliner dan wisata pantai, Yogya itu juga punya wisata alam yang tidak kalah menarik! yang saya datangi tempo hari adalah Wisata Alam Kalibiru.

Read More : Il Tempo Del Gelato, Enak dan Murah!


Wisata alam kalibiru ini terletak di Kabupaten Kulon Progo, untuk ke tempat wisata ini membutuhkan sekitar 1 - 2 jam dari kota Yogyakarta. Dengan bermodalkan google maps saya dan teman-temanpun berangkat ke Kalibiru. Sebenarnya ada banyak jalan menuju Kalibiru, baik jalan kecil maupun jalan besar, tapi entah kenapa google maps itu suka lucu, saya dan teman-teman dilewatkan jalan kecil yang berliku untuk sampai ke Kalibiru memakan waktu sampai 1,5 jam untuk sampai kesana. Sedangkan pulangnya kami dilewati jalan besar yang hanya membutuhkan sekitar 1 jam sampai di kota, aneh kan? yah itulah keajaiban google maps, tapi biarpun dilewati jalanan kecil kami pun akhirnya sampai di Kalibiru.

Ohiya sebelum sampai di posnya, kita akan diberhentikan 2x, yang pertama itu masih dibawah, kita akan ditanyai mau naik jeep atau naik mobil sendiri, orang-orangnya akan merekomendasikan naik jeep karena khawatir mobil tidak kuat naik karena tanjakannya cukup terjal. Kalau ingin pakai jeep kita harus membayar IDR 35.000 per orang untuk PP, namun akhirnya kami memutuskan untuk memakai mobil kami sendiri. Posko kedua adalah sebelum tanjakan, disana kita dijelaskan bahwa harus selalu menggunakan gigi 1 (kalau manual) pada saat menanjak, dan disarankan laki-laki yang membawa mobil (waktu itu teman saya yang perempuan yang nyetir, akhirnya tukeran deh), akhirnya setelah semua aman kami pun mulai menanjak dan ternyata tanjakannya memang cukup terjal, dan disebelah kanan kami itu jurang, yah lumayan lah kalau jatuh.

Akhirnya kami sampai di Kalibiru, untuk masuk kita cukup membayar IDR 5.000 per orang, cukup murah yah. Nah, untuk berfoto-foto sambil menikmati pemandangan Waduk Sermo dan Bukit Menoreh kita harus membayar lagi, per tempat itu berbeda harga, kalau saya tidak salah untuk foto itu berkisar antara IDR 10.000 - IDR 20.000 per orang dan diberi waktu itu sekitar 3 menit/orang. Kalau menggunakan jasa fotografer harus tambah IDR 5.000/foto dengan minimal 4 foto.


Ada banyak tempat foto yang disediakan disini, dengan pemandangan tetap berfokus pada Waduk Sermo dan Bukit Menoreh. Waktu kita naik untuk foto biasanya disediakan tali pengaman sebagai pengaman kita, namun menurut saya masih agak menyeramkan sih tali nya, mungkin untuk menghindari orang yang akan bunuh diri kali ya, hehe.



Untuk mendapatkan foto diatas ini, kita harus memanjat pohon terlebih dahulu (manjat tangga sih sebenarnya). Kalau mau kesini saran saya antara pagi jam 09.00 atau sore jam 14.00 karena matahari nya cukup terik disini dan kita harus naik turun tangga jadi lumayan capek.

Tapi overall, saya suka main ke Kalibiru, karena kita bisa menikmati pemandangan hijau yang luas dan dengan membayar lebih sedikit kita bisa berfoto cantik. Ohiya, saran saya jangan kesini kalau weekend karena menurut cerita yang jaga, kalau weekend bisa antri-antri lama kalau mau foto, jadi lebih baik hari biasa saja kalau mau berkunjung kesini.



Thank you for reading,
xoxo

You Might Also Like

0 comments