On The Spot at Singapore #2

Thursday, December 29, 2016

Melanjutkan cerita kemarin saya di Singapura, hari kedua saya dan teman memulai walking tour dari Suntec menuju Marina. Karena hari itu Senin, MRT yang kami naiki tidak padat mungkin karena banyak orang yang sedang sekolah & bekerja.

Read More : On The Spot at Singapore #1

Beruntung sekali kami, karena cuaca hari itu sedang mendung, jadi kami tidak kepanasan sepanjang perjalanan. Sepanjang perjalanan saya di Suntec menuju Marina, saya merasa nyaman sekali. Kenapa? karena trotoar disini besar-besar jadi wajar saja warga Singapura senang berjalan kaki, tak jarang saya juga melihat orang menggunakan sepeda atau scooter untuk berpergian. Sebenarnya iri melihat betapa bersih dan tertata rapih di Singapura, semoga di Indonesia atau paling tidak di Jakarta bisa seperti itu juga.

Sampailah kami di Youth Olympic Park letaknya berseberangan dengan Marina Bay Sands. Mulai dari sini kita bisa melihat Marina Bay Sands dari kejauhan dan melihat downtown. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan mendekati Marina dengan melewati Helix Bridge, dari atas Helix Bridge kita bisa melihat pemandangan kota dengan jelas

Setelah lelah berkeliling, kami akhirnya kelaparan dan memutuskan untuk mencari Nasi Ayam. Melalui buku panduan yang dibawa oleh teman saya, kami pun mendapatkan rekomendasi Nasi Ayam enak yaitu di Raffles City. Kami langsung bergegas menggunakan bus menuju Raffles City. Tepatnya di foodcourt paling atas, pilihan makanannya ada berbagai macam jadi kalau mau selain Nasi Ayam bisa pilih menu yang lain. Sudah bahagia dan kenyang, kami melanjutkan jalan-jalan ke Clarke Quay, disitu kami hanya duduk-duduk saja sih, sembari menikmati sungai yang dilewati kapal-kapal kecil.

Ohya, selain MRT di Singapura transportasi yang menurut saya menyenangkan adalah Bus! karena bus nya banyak sekali dan menurut saya tidak terlalu ramai. Kita juga bisa menikmati jalanan Singapura yang tidak bisa kita lihat kalau menaiki MRT. Harganya pun tidak mahal. Pembayarannya bisa menggunakan uang atau EZ Link. Kalau saya sih jelas lebih memilih EZ Link, karena tinggal tap pada saat naik dan pada saat turun, sangat simpel bukan? Bus nya pun bermacam-macam ada bus biasa, bus tingkat dan bus gandeng. Kelemahan dari bus sih menurut saya adalah tidak ada pemberitahuan halte berikutnya, jadi kita harus memperhatikan jalanan/smartphone (Rute bisa dilihat lewat google maps)

Dari serangkaian perjalanan On The Spot ini, sebenarnya ada 1 tempat yang sudah kami jadikan itinerary kami, yaitu Gardens by the Bay! yup, taman alam modern yang bagus banget dan tidak boleh dilewatkan kalau ke Singapura. Tidak ada biaya masuk apabila hanya ingin berkeliling di taman, tetapi kalau ingin masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest kita harus membayar sekitar 28 dollar sedangkan untuk ke OCBC Skyway sekitar 8 dollar. Karena kami memang sudah merencanakan kesini, kami pun mencari tiket untuk masuk ke Flower Done dan Cloud Forest sebelum berangkat ke Singapura dan ternyata Tripvisto menjual dengan harga Rp 198.000 sehingga jatuhnya lebih murah.

Kami bermain cukup lama di Gardens by the Bay, dari sekitar pukul 15.30 - 20.30 waktu setempat. Karena perut juga sudah keroncongan, kami memutuskan untuk makan di dekat hostel dan karena sudah malas berpikir dan mencari, yang kami datangi hari itu adalah KFC, ternyata KFC disini berbeda dengan di Indonesia, disini mereka tidak menyediakan paket super panas, saya sedih! padahal sebenarnya ingin makan nasi. Tapi yasudahlah yang penting makan.

Kira-kira seperti itu gambaran hari kedua kami di Singapura. Dan perjalanan OTS ini masih akan dilanjut sehari lagi.